uwie

Tema : Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap suatu produk
Masalah : "Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemasaran khususnya media iklan terhadap pengambilan keputusan konsumen membeli air minum dalam kemasan merek Aqua dan media iklan yang mana yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen membeli air minum dalam kemasan merek Aqua ".
Judul : “ Analisis pengaruh media iklan terhadap pengambilan keputusan dalam kemasan merek AQUA pada masyarakat kota Palembang “
Penulis : M. Nasir Ibrahim
Tahun : 2007

Latar Belakang Masalah
Periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Iklan sangat berperan penting dalam dunia pemasaran. Tujuan iklan sangat tergantung dari setiap perusahaan, baik untuk menginformasikan,
membujuk, atau mengingatkan. Peluang inilah yang dilihat oleh para pengusaha untuk terus meningkatkan industri air minum dalam kemasan dalam menghadapi persaingan dan memenuhi kebutuhan konsumen, salah satunya adalah PT Aqua Golden Mississippi yang sampai saat ini mampu bertahan.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah :
1. Untuk mengetahui besarnya pengaruh media iklan terhadap keputusan membeli pada konsumen air minum dalam kemasan merek Aqua.
2. Untuk mengetahui iklan yang paling tepat dan efektif yang digunakan PT Aqua Golden Mississippi.

Metodologi
Desain Penelitian
Penelitian yang dilakukan merupakan riset conclusive yang bersifat kausal (Causal research), yakni mempelajari hubungan sebab akibat antara variabel independen terhadap variabel dependen. Dengan kata lain, terdapat hubungan sebab akibat yang dapat diteliti antara variabel faktor-faktor media iklan dan variabel keputusan pembelian.
Teknik Analisis .
1. Kualitatif : Teknik analisis secara kualitatif menggambarkan secara deskriptif tentang kondisi atau fakta yang didapat dari hasil penelitian dan membandingkan antara teori dan praktek yang terjadi, yang bersumber dari buku-buku pedoman yang berhubungan dengan masalah yang dianalisis. Metode ini memberikan penjelasan secara deskriptif terhadap hasil yang diperoleh dari analisa kuantitatif.
2. Kuantitatif : Analisis dengan menggunakan metode kuantitatif dilakukan dengan melakukan pengolahan dari kuesioner yang ada dengan menggunakan analisis regresi berganda dan korelasi untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara variabel Y (variabel keputusan membeli) dengan variabel X (media iklan). Analisis ini akan dibantu dengan bantuan program SPSS For Windows Release 11,5. Model analisis regresi berganda yang digunakan adalah :
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 +b5X5+ b6X6+ e
Keterangan :
Y = Keputusan Membeli
a  = Konstanta
b1,b2,b3,b4,b5,b6 = Koefisien regresi
X1 = Iklan Televisi
X2 = Iklan Surat Kabar
X3 = Iklan Majalah
X4 = Iklan Radio
X5 = Iklan Billboard
X6 = Iklan Spanduk
e    = Error

Hasil Penelitian
Program promosi yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi sebagai bentuk proses komunikasi kepada pelanggan mengharapkan adanya umpan balik (feed back). Umpan balik tersebut berupa kesadaran konsumen untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian terhadap air minum dalam kemasan merek Aqua. Pada penelitian ini telah dilakukan survey terhadap 126 orang responden sebagai sampel.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan
dapat disimpulkan bahwa :
1. Media iklan melalui iklan Televisi, iklan Surat Kabar, iklan Majalah, iklan Radio, Papan Reklame dan Spanduk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua.
2. Secara parsial, terlihat bahwa dari enam variabel bebas yang ada hanya tiga variabel bebas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan merek Aqua, yaitu media iklan televisi, media iklan majalah, dan media iklan spanduk.
3. Dari tiga media iklan yang berpengaruh signifikan tersebut, yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua adalah media iklan televisi, diikuti media iklan majalah, dan media iklan spanduk. Sedangkan media iklan surat kabar berpengaruh sangat kecil.
4. Nilai negatif pada koefisien regresi untuk media iklan radio dan papan reklame disebabkan timbulnya selective attention dan selective retention konsumen dalam menyikapi iklan-iklan tersebut.

Saran
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh di atas, untuk dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua maka disarankan sebagai berikut:
1. Pihak manejemen hendaknya dapat memilih media iklan yang efektif, yaitu melalui media iklan televisi.
2. Melakukan perbaikan atau penyempurnaan terhadap iklan melalui media Surat Kabar, Radio dan Spanduk, atau menghilangkan atau tidak lagi memasang iklan melalui media Surat Kabar, Radio dan Papan Reklame tersebut.
3. Perlu adanya kajian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain selain media iklan yang dapat mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian suatu produk.
0 Responses

Posting Komentar