uwie
Tema : PROMOSI
Masalah : menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli prepaid StarOne khususnya terhadap daya tarik promosi.
Judul : Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli (Studi Kasus StarOne di Area Jakarta Pusat)
Penulis : Ndaru Kusuma Dewa
Tahun : 2009

Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangannya saat ini, teknologi telekomunikasi dan informasi tidak hanya menjadi instrumen peningkatan efektifitas dan efisiensi bisnis, tetapi juga telah menjadi area bisnis yang menggiurkan, yang banyak diperebutkan pelaku usaha karena potensi luar biasa yang dikandungnya. dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, pengelolaan pengetahuan konsumen dan keunggulan produk baru mampu meningkatkan kesuksesan produk baru dan juga meningkatkan kinerja pemasaran. Secara spesifik produk yang dianalisa adalah StarOne yang
merupakan produk dengan lisensi telephone tetap tanpa kabel (fix wireless) dengan teknologi CDMA dari PT Indosat. Pada perkembangannya teknologi mobile phone dibagi menjadi 2 jenis, yaitu penerapan teknologi GSM (Global System Mobile) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Teknologi GSM menguasai sebagian besar pengguna mobile telephone di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya (dengan market share 88%). Sedangkan CDMA hanya memiliki market share 12% Dan dengan adanya persaingan produk CDMA yang semakin ketat karena sekarang mulai bermunculan perusahaan telekomunikasi baru di Indonesia dan dengan memunculkan produk yang beraneka ragam dengan teknologi yang sama seperti Ceria dari PT Sampoerna Telecom dan Smart dari Smart Telecom. Maka masalah yang timbul tersebut bisa menjadikan suatu peringatan mengenai eksistensi produk StarOne.

Tujuan penelitian
Tujuan penelitian dari tesis ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, daya tarik promosi dan harga terhadap minat beli produk prepaid StarOne, terutama di area Jakarta Pusat.

Metodologi
• Jenis dan Sumber Data: Data yang dikumpulkan untuk penelitian yang akan dilakukan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari hasil penyebaran pertanyaan yang berkaitan mengenai kualitas produk, daya tarik promosi, harga dan minat beli dan beberapa data sekunder dari data penjualan dari perusahaan Indosat.
• Populasi dan Sampel: Populasi dari penelitian ini adalah mereka (baik laki-laki atau perempuan) yang menggunakan produk StarOne prepaid yang berada di area Jakarta Pusat ketika melakukan pengisian kuesioner. Kriteria sampel pada tesis ini adalah Pengguna StarOne Prepaid, pendidikan minimal SMP atau sederajat, berusia 15-60 tahun dan berdomisili dan bekerja pada area Jakarta Pusat.
• Metode Pengumpulan Data : Membagikan kuesioner dan melakukan wawancara via telpon kepada responden di Jakarta Pusat.
• Teknik Analisis Data: Analisis Deskriptif, Analisis Regresi (Uji Validasi dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Multikolineritas, Uji Heteroskedastisitas), Pengujian Hipotesis (Uji t), Koefisien Determinasi (Uji F).

Hasil Penelitian
Responden penelitian yang menggunakan produk StarOne prepaid mayoritas berjenis kelamin pria (70.5%) sedangkan sisanya adalah responden wanita (29.5%) dengan mayoritas pendidikan adalah D3 (41.8%). pengguna produk prepaid starone adalah mayoritas pegawai swasta dan nomor dua adalah Pelajar. Berdasarkan hasil analisis terhadap pertanyaan terbuka juga diketahui beberapa tanggapan dari responden terhadap kualitas produk StarOner prepaid, yaitu suara yang bergema ketika dihubungi dari nomor rumah, suara sering tidak jelas pada saat berbicara, sering tidak bisa memanggil ke operator lain dan sering terputus saat online, dan untuk melakukan panggilan ke sesama sering susah. Berdasarkan hasil analisis terhadap pertanyaan terbuka diketahui beberapa tanggapan responden mengenai daya tarik promosi StarOner prepaid, yaitu bahwa promosi yang dilakukan untuk produk StarOne prepaid dirasa oleh responden masih kurang gencar dibandingkan produk Indosat lainnya, promosi untuk produk StarOner prepaid kurang atraktif, tidak mudah diingat karena kurang norak, materi iklan biasa-biasa saja. Dan jika dilihat dari jawaban pertanyaan terbuka dan tertutup maka responden menginginkan harga yang lebih murah sedangkan dari saat ini harga yang ditawarkan yang sudah ditawarkan oleh Starone seharusnya sudah cukup murah, maka perlu ada nya riset mengenai keinginan responden ini. Uji validitas dilakukan untuk menguji apakah suatu konstruk mempunyai unidimensionalitas atau apakah indikator-indikator yang digunakan dapat mengkonfirmasi sebuah konstruk atau variabel. diketahui bahwa nilai signifikansi r hitung pada masing-masing indikator adalah < 0.05, sehingga dapat disimpulkanbahwa data yang digunakan dalam penelitian ini valid.

Kesimpulan
• Hasil penelitian dengan menggunakan data empiris menunjukkan bahwa kualitas produk yang diukur dengan delapan indikator yang meliputi suara pengirim dan penerimaan yang jelas, sambungan ketika melakukan panggilan lancar, akses internet yang lancar, jangkauan area yang luas, kualitas sinyal yang bagus, keberhasilan melakukan panggilan ke seluruh operator di Indonesia, kemudaha transfer pulsa, dan kemudahan pengisian ulang voucher memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
• Hasil penelitian dengan menggunakan data empiris menunjukkan bahwa daya tarik promosi yang diukur dengan sebelas indikator yang meliputi isi materi iklan yang jelas, isi materi iklan yang lengkap, iklan mudah mendapat perhatian, iklan mudah dipahami, adanya referensi informasi tambahan pada iklan, pemakaian ikon Xcvii artis sebagai bintang iklan, jingle StarOne mudah diingat, gaya iklan yang atraktif, bahasa iklan yang provokatif, iklan yang membuat penasaran, dan lirik yang mengena terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
• Hasil penelitian dengan menggunakan data empiris menunjukkan bahwa harga yang diukur dengan tujuh indikator yang meliputi harga perdana yang murah, harga voucher yang terjangkau, tarif telepon yang murah, tarif internet yang murah, tarif fasilitas tambahan (SMS, fax, converence call) yang murah, harga bundling perdana StarOne dan HP Motorola yang terjangkau, dan variasi pilihan pembelian pulsa yang beragam (sistem paket atau satuan) terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.

Saran
 Perusahaan harus lebih menggencarkan kembali produk StarOne ini agar volume penjualan pada produk ini terus mengalami peningkatan.
 Variabel harga, promosi dan kualitas produk harus menjadi pusat perhatian perusahaan agar produk StarOne dapat bertahan dan bersaing.
 Perusahaan juga harus memberikan bonus lain yang lebih memikat para pengguna agar keuntungan yang didapat semakin besar.
0 Responses

Posting Komentar